Jumat, 21 Juni 2013

Snack Yang Baik Pada Saat Diet


yoghurt dan buah berry
Banyak sekali orang yang sering bertanya-tanya tentang makanan apa yang bisa dikonsumsi pada saat istirahat. Snack apa yang menyehatkan untuk dikonsumsi saat diet.

Karena itulah kami akan mengetengahkan tentang hal itu kepada anda semua. Seperti yang kita ketahui bersama, jenis makanan yang mengandung gula sudah harus dikurangi, karena akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan, terutama bila kita memang ingin mengurangi berat badan yang berlebih.

Kita perlu mengetahui bahwa sekitar 50% asupan kalori yang ada di dalam tubuh ternyata berasal dari snack dan makanan ringan yang biasa kita makan seperti kue, biskuit, es krim, permen, donat, wafel dan lain sebagainya yang memiliki rasa manis.

Semua makanan ringan diatas adalah makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat secara luas baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

salad sayuran
Kita juga sudah mengetahui bahwa makanan ringan tersebut dapat menimbulkan dampak pada kesehatan tubuh kita seperti masalah tentang berat badan, obesitas, kerusakan gigi atau gigi berlubang serta berbagai macam masalah kesehatan yang lain-lainnya.

Sehingga keadaan inilah yang menyebabkan banyak orang mulai menyadari serta memperhatikan apa saja yang dimakan dengan cara memilik makanan ringan yang rendah kalori baik itu berupa makanan maupun berupa minuman. 

Kali ini kami akan mencoba memberikan solusi sehat yaitu beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan makanan ringan yang rendah kalori: 

  • Buah kering dan kacang.
buah kering
Anda bisa membuat makanan ringan ini dengan sangat mudah dengan cara mencampur beberapa potongan buah kering seperti kismis dan buah ara kering dengan berbagai macam kacang-kacangan yang menyehatkan seperti almod, kacang kapri, pistacio, dan walnut.

Makanan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita. Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya mineral, vitamin serta asam lemak esensial, sedangkan kismis merupakan makanan antioksidan yang baik untuk kesehatan kita juga.

  • Telur.
Beberapa orang mengatakan telur mengandung banyak kolesterol sehingga banyak orang yang menghindari jenis makanan ini.
Sebenarnya, telur tidak memberikan kolesterol yang jahat pada kita, namun kolesterol baik yang memilki fungsi untuk memperlancar metabolisme lemak pada tubuh kita.
Mengkonsumsi telur satu hingga dua butir sehari bukanlah sebuah masalah yang besar. Dengan telur kita dapat membuat banyak makanan ringan yang memiliki nilai gizi yang tinggi seperti salad telur rebus, telur mata sapi, omelet yang berisi sayur, sandwich telur serta masih banyak lagi. 

  • Salad dari buah-buahan segar.
salad buah
Anda bisa membuat makanan ringan yang lezat ini dengan mencampurkan semua potongan-potongan buah yang anda sukai seperti apel, mangga, pisang, melon, semangka, serta stawberry.

Atau bisa menggunakan potongan buah-buahan yang memiliki vitamin C yang tinggi seperti plum, jeruk, anggur dan lain-lainnya. Sebaiknya anda tidak menggabungkan dengan buah-buahan yang memiliki rasa manis.
Dengan cara mengkonsumsi buah-buahan kita akan memiliki banyak energi. Buah juga kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh kita. 


  • Salad sayuran segar.
Dengan cara mencampur tomat, wortel, kacang, mentimun, kol serta selada segar ditambah sdengan sedikit bumbu yang terbuat dari air perasan jeruk lemon, kecap dan cuka, kita sudah bisa menikmati salad sayuran segar yang menyehatkan.
Selain itu kita juga bisa membuat salad dari bahan sayuran yang dipanggang. Sayuran yang cocok untuk dipanggang adalah kentang, ubi jalar maupun artichoke.

  • Keju rendah lemak.
Anda bisa mendapatkan keju dengan kualitas terbaik dari toko bahan makanan organik. Keju termasuk makanan yang menyehatkan karena juga mangundung banyak mineral, vitamin serta lemak essensial.
Untuk keju kita bisa langsung memakannya sebagai makanan ringan maupun ditambahkan ke dalam roti gandum ataupun bisa juga dimasukkan ke dalam salad.

  • Ikan tuna.
Kita bisa mendapatkan tuna  kalengan dengan mudah di pasaran serta memastikan bahwa tuna kalengan tersebut rendah garam.
Ikan tuna mengandung protein serta asam lemak essensial yang tinggi, rendah kalori serta termasuk salah satu dari berbagai macam makanan yang lezat. Kita bisa mengkonsumsinya tanpa ditambah gula.

  • Yoghurt.
Siapapun sudah tahu keistimewaan makanan yang satu ini. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt secara langsung atau menambahkan beberapa potongan buah segar untuk menambah rasanya. Jangan menambahkan gula agar kadar gula anda tetap stabil. Tambahkan beberapa sari buah itu sudah cukup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar