Minggu, 09 Juni 2013

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Umumnya, labu kuning dijadikan hiasan rumah para saat perayaan Helloween di Amerika. Mereka mengukir labu kuning menjadi wajah manusia yang terkadang tampak seram serta tampak lucu.

Sedangkan di negara kita, labu siam sering juga manjadi bagian dalam suatu tradisi yaitu menjadi bahan isian kolak saat bulan Ramadhan maupun sebagai campuran minuman buah yang menyegarkan.

manfaat labu kuning
Labu kuning merupakan salah satu varietas sayuran keluarga labu-labuan yang banyak sekali dikunsumsi oleh masyarakat di Indonesia

Yang berbeda hanyalah bentuk serta ukurannya yang lebih besar jika dibandingkan jenis labu lainnya. Kulit bagian luarnya keras serta memiliki rasa yang manis yang merupakan ciri-ciri yang khas dari labu kuning. 

Pada umumnya labu kuning dipanen pada saat musim kemarau. Jenis labu yang lain adalah labu air, labu siam, labu butternut, labu mi, serta kabucha.

Labu kuning mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti  vitamin A, C, serta  betakaroten yang sangat baik bagi kesehatan mata dan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Disamping itu, labu kuning juga mengandung mineral seperti forfor, zat besi, kalium serta kalsium yang tinggi. Serat serta air dalam labu kuning juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, demam, diare, serta dapat mengatasi peradangan

Beta karoten dalam labu kuning serta berbagai zat lainnya yang mengandung antioksidan dapat membantu peningkatan fungsi imunitas tubuh serta dapat mengurangi munculnya resiko terserang penyakit kronis seperti jantung serta kanker.

Satu cangkir labu masak hanya memiliki sekitar 50 kalori serta mengandung serat mencapai 3 g. Hal ini dapat membuat labu kuning menjadi sumber nutrisi yang baik dan sehat jika kita tambahkan dalam menu makanan kita sehari-hari.

biji labu kuning
Bijinya juga mengandung minyak esensial yang baik untuk kesehatan tubuh kita serta dapat menghambat zat-zat yang berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan pada prostat

Labu kuning baik untuk menjaga kesehatan organ jantung serta ginjal, serta mampu mencegah munculnya penuaan dini karena adanya antioksidan. Selain itu juga dapat mengobati bisul serta sebagai peluruh air seni.

Isi buah labu kuning mengandung alkaloid yang berfungsi sebagai antikanker sehingga dapat mencegah adanya serangan oleh sel-sel kanker.

Labu kuning mengandung vitamin serta pectin. Pectin mampu menyerap, mengikat serta menghancurkan racun, bakteri serta zat-zat yang berbahaya lainnya bagi tubuh, seperti merkuri, timah, logam berat serta unsur radioaktif.

Labu kuning juga mengandung kobalt yang aktif dalam proses metabolisme dalam tubuh manusia. Dapat meningkatkan fungsi sel-sel darah serta ikut berperan dalam mensintetis vitamin B12.

labu kuning dalam berbagai ukuran
Vitamin B12 merupakan elemen penting dalam sel islet di dalam tubuh manusia. Labu kuning dapat dimanfaatkan untuk mencegah serta mengobati diabetes serta efek dari penurunan gula darah.

Labu kuning mampu menghilangkan efek dari mutasi nitrosamin, dapat membantu proses pemulihan fungsi organ hati serta ginjal, serta dapat meningkatkan kapasitas regenerasi sel-sel organ hati serta ginjal.

Kandungan zinc yang kaya dalam labu kuning, dapat berperan dalam proses sintesis asam nukleat, protein, serta komponen yang melekat pada hormon korteks adrenal yaitu suatu zat yang penting untuk pertumbuhan serta perkembangan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar